Rangkuman Bab 6: Analisis Data

 Rangkuman Bab 6: Analisis Data



Dalam kelas 8 ini kita akan belajar tentang Analisis Data. Analisis Data Memiliki 3 Konsep penting yaitu Pencarian Data, Visualisasi Data, Peringkasan Data.

1. Pencarian Data


Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat kalian mencari data, ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar atau TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah atau FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference.

2. Visualisasi Data


Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data.

3. Peringkasan Data


contoh pivot table

contoh Sumifs dan Countifs

Pada umumnya, data yang akan dikelola itu berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk
melakukan peringkasan data, antara lain menggunakan (1) fungsi kalkulasi data berkondisi, SUMIFS dan COUNTIFS; (2) pivot tables; dan (3) tables otomatis dari perangkat pengolah data.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan 7

Pertemuan 5

BAB 1 jaringan komputer