Pertemuan 4

Informatika sangat berpengaruh dalam kehidupan keseharian kita di tahun 2000-an. Kurikulum merdeka menghadirkan TIK sebagai mata pelajaran wajib untuk meningkatkan kemajuan teknologi indonesia. Salah satu elemen TIK berpikir komputasional memiliki efek yang besar dalam kehidupan keseharian.

Permainan online maupun offline tidak lepas dari berpikir komputasional. Contoh dari permainan ini adalah catur, catur merupakan permainan yang memiliki penerapan berpikir komputasional yang kuat. Catur membutuhkan strategi, mencari strategi musuh dan memanfaatkan kelebihan pengetahuan untuk memenangkan permainan catur.

Catur dulu hanya dimainkan di papan catur, sekarang kita bisa main catur online, dalam permainan catur online kita bisa melawan bot atau manusia di dunia . Dengan kemajuan teknologi semua hal-hal dimudahkan maupun kehidupan keseharian maupun permainan yang bisa kita main kapan saja dimana saja.

Pertanyaan reflektif

1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh?
2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu!
3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII?
4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII.
1.

2. Berpikir komputasional, karena hitung-hitungannya seru dan menarik dan juga menantang.
3.
a. mengganti DNS internet aku untuk mempercepat koneksi
b. membuat tabel excel
4. berpikir komputasional
5. saat kelas 7 kita sudah belajar tentang berpikir komputasional dan teknologi informasi dan komunikasi dan sistem komputer dan jaringan jomputer dan internet dan analisis data dan menggunakan excel dan scratch.

1. Berpikir Komputational (BK)? 
berpikir komputasional adalah cara berpikir dan cara pemecahan masalah yang caranya dapat dilakukan komputer.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
teknologi informasi dan komunikasi adalah 
3. Sistem Komputer (SK)?
sistem komputer adalah hubungan antar perangkat keras dan perangkat lunak yang di dalam komputer dan berinteraksi untuk melakukan proses pengolahan untuk mendapatkan informasi yang di akan di kasih ke "user"
4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)?
jaringan komputer dan internet adalah hubungan antar perangkat yang memungkinkan komunikasi dan berbagi informasi dengan jaringan internet
5. Analisis Data (AD)?
Analisis data adalah kegiatan mengolah data untuk mendapatkan hasil/informasi yang di ingin kan
6. Algoritma dan Pemrograman (AP)?
Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
7. Dampak Sosial Informatika (DSI)?
dampak sosial informatika yaitu suatu pengaruh studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi
8. Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika?
Praktik lintas bidang adalah sebuah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni.

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 7

Pertemuan 5

BAB 1 jaringan komputer