Bab 7_Algoritma dan Pemograman
Assalamualaikum wr.wb
Halo teman-teman! Saya adalah Rafi Hamdan Khairi dari 7E. kali ini saya akan menjelaskan tentang materi bab 7, algoritma dan pemograman.
Pengertian Algoritma dan Pemrograman
Apa itu "Scratch"?
"Scratch" adalah salah satu aplikasi pemrograman yang menggunakan elemen visual seperti balok-balok perintah yang isinya "kode". Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts
Keterangan
1. Menu
anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan projek yang anda buat, atau undo langkah sebelumnya.
Halo teman-teman! Saya adalah Rafi Hamdan Khairi dari 7E. kali ini saya akan menjelaskan tentang materi bab 7, algoritma dan pemograman.
Pengertian Algoritma dan Pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya. Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan mencoba analisis solusi baru lainnya.
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
Pemrograman visual adalah sebuah bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program dengan menyusun elemen visual secara grais, bukan menuliskannya dalam bentuk teks. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol. Dengan pemrograman visual, memprogram menjadi seperti ketika kalian menyusun balok atau lego untuk membangun gedung, kapal terbang, atau lainnya. Akan tetapi, hasilnya bukan benda nyata, melainkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game. salah satu pemrograman visual yang sangat terkenal adalah "Scratch".
Apa itu "Scratch"?
"Scratch" adalah salah satu aplikasi pemrograman yang menggunakan elemen visual seperti balok-balok perintah yang isinya "kode". Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts
Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis, dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup bermasyarakat saat ini.
Cara menggunakan scratch
Untuk menggunakan aplikasi Scratch, kita harus membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakannya(Kalau tidak membuat account semua Progress yang dibuah oleh kita akan hilang).
Saat membuat akun, tampilan ini seharusnya sudah muncul. setelah muncul kita masukkan username, Password untuk akun scratch ini dan juga Gmail(Optional), dan juga disarankan untuk tidak menggunakan username nama asli kamu untuk menjaga keamanan data mu. setelah itu pencet next.
Untuk menggunakan aplikasi Scratch, kita harus membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakannya(Kalau tidak membuat account semua Progress yang dibuah oleh kita akan hilang).
Saat membuat akun, tampilan ini seharusnya sudah muncul. setelah muncul kita masukkan username, Password untuk akun scratch ini dan juga Gmail(Optional), dan juga disarankan untuk tidak menggunakan username nama asli kamu untuk menjaga keamanan data mu. setelah itu pencet next.
1. Menu
anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan projek yang anda buat, atau undo langkah sebelumnya.
2. Deskripsi blok
pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok-blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. setiap blok pada kode (Scripts) memiliki fungsi - fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah gerakan, tampilan, suara, kejadian, kontrol, sensor, operator, variabel, atau blok saya.
Gerakan(Motion), digunakan untuk menggerakan sprite, misalnya perintah "move 10 step" untuk menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.
Tampilan(Looks), digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. misalnya mengganti kostum pada sprite.
Suara(Sound), digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage seperti memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.
Kejadian(Events), digunakan untuk untuk mengatur script atau kode pada sprite untuk berjalan. misalnya saja, ketika bendera(warna hijau) di klik, maka semua script atau kode akan berjalan.
Kontrol(Control), berfungsi untuk mengontrol kode agar berjalan. Contohnya wait 1 seconds untuk menunggu sejenak selama satu detik.
Sensor(Sensing), berfungsi untuk memberikan sensor pada perintah yang digunakan .
Operator, berfungsi untuk operasi matematika .
Variabel,berfungsi untuk mengatur variabel.
3. Script Area,
Inilah tempat dimana anda dapat menerapkan script atau kode pada sprite yang anda tampilkan.
4. Canvas
Tempat Aksi Sprite berlangsung.
5. Sprite list,
Tempat dimana anda bisa mengatur dan mengganti tampilan sprite.
Nahh Setelah mengetahui sebagian besar bagian dari Scratch dan juga fungsi setiap bagian balok. Marilah kita mulai berkarya.
Link aplikasi Scratch
https://scratch.mit.edu/
Segitu saja yahh. Terima kasih telah membaca dan mohon maaf jika ada kesalahan.
pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok-blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. setiap blok pada kode (Scripts) memiliki fungsi - fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah gerakan, tampilan, suara, kejadian, kontrol, sensor, operator, variabel, atau blok saya.
Gerakan(Motion), digunakan untuk menggerakan sprite, misalnya perintah "move 10 step" untuk menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.
Tampilan(Looks), digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. misalnya mengganti kostum pada sprite.
Suara(Sound), digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage seperti memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.
Kejadian(Events), digunakan untuk untuk mengatur script atau kode pada sprite untuk berjalan. misalnya saja, ketika bendera(warna hijau) di klik, maka semua script atau kode akan berjalan.
Kontrol(Control), berfungsi untuk mengontrol kode agar berjalan. Contohnya wait 1 seconds untuk menunggu sejenak selama satu detik.
Sensor(Sensing), berfungsi untuk memberikan sensor pada perintah yang digunakan .
Operator, berfungsi untuk operasi matematika .
Variabel,berfungsi untuk mengatur variabel.
3. Script Area,
Inilah tempat dimana anda dapat menerapkan script atau kode pada sprite yang anda tampilkan.
4. Canvas
Tempat Aksi Sprite berlangsung.
5. Sprite list,
Tempat dimana anda bisa mengatur dan mengganti tampilan sprite.
Nahh Setelah mengetahui sebagian besar bagian dari Scratch dan juga fungsi setiap bagian balok. Marilah kita mulai berkarya.
Link aplikasi Scratch
https://scratch.mit.edu/
Segitu saja yahh. Terima kasih telah membaca dan mohon maaf jika ada kesalahan.
terima kasih atas informasinya
ReplyDelete